oleh

DURIAN BANJIRI BATURAJA

Kabar Mds,Baturaja – Di awal bulan Januari 2021 ini,
wilayah Baturaja dan sekitarnya mulai dibanjiri buah durian. Musim ini datang bersamaan dengan masa curah hujan yang cukup deras di wilayah Indonesia.

Dengan datangnya musim durian mendatangkan berkah tersendiri bagi penjual buah berduri musiman ini di kota Baturaja dan sekitarnya.

Pantauan di lapangan, puluhan penjual durian mulai bertebaran di beberapa sudut dan simpangan, seperti di kawasan Pasar Atas, Pasar Baru, Jalan Lintas sebelum Jembatan Ogan Dua, depan Kantor Pemuda dan Olahraga serta Sepanjang jalan lintas di luar Baturaja.

Durian tersebut didatangkan langsung oleh para agen durian dari wilayah Baturaja seperti kawasan Ulu Ogan dan Muara Dua serta sekitarnya.

Robert salah satu penjual durian musiman yang biasa mangkal di pinggir jalan depan Masjid As Sholihin Pasar Atas kepada media ini pada Minggu malam (10/1) mengatakan ia mulai menjual durian sejak seminggu lalu. Harganya masih tinggi sebab belinya dari agenjuga agak mahal. Hal ini disebabkan buah durennya belum melimpah.

“Saya menjual duren yang kecil dengan harga 25 ribu, kemudian yang sedang 50 ribu, bahkan hingga yang besar seharga 80 ribu Rupiah. Setiap jualan membawa sekitar 40 duren yang dibawa pakai motor menggunakan wadah keranjang bambu. Jualan di Pasar Atas dari siang hingga sore,” ujarnya.

Ditanya asal durian dan jumlah pembeli, Robert mengungkapkan ia mengambilnya dari durian yang ada agen durian yang ada di kawasan Ulu Ogan.

Baca Juga  BPBD OKU Bersihkan Sampah, Kayu Dan Bambu Nyangkut Di Ogan Dua


“Durian di wilayah Ulu Ogan terkenal lebih manis dan mantap. Alhamdulillah pembelinya banyak juga, bahkan ada yang dari luar OKU,” ungkapnya.

Robert berharap musim duren tahun 2021, jumah buahnya lebih banyak seperti tahun kemarin sehingga harga jual duren bisa turun.
Hal senada juga diungkapkan Mega, salah satu penjual durian di kawasan pinggir jalan Muara Dua-Baturaja. Namun, ia membeli durian dari kawasan Simpang Muara Dua.

“Saya bersama suami mulai membuka lapak jualan durian di pinggir jalan lintas Muara Dua-Baturaja ini sejak musim durian mulai ramai. Adapun untuk harga sama dengan yang lainnya, yakni di atas 20 ribuan,” terangnya.

Salah satu pembeli durian di Baturaja, Dina mengatakan ia biasa membeli duren setiap tahunnya jika buah berduri tersebut lagi banjir.(Duan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya