oleh

HBI, MRI Ajak Masyarakat Baturaja Kurangi Jumlah Sampah

Kabar Mds, Baturaja – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Baturaja memperingati Hari Bersih Indonesia (HBI) yang dipusatkan di Taman Kota (Tamkot) Baturaja pada Minggu pagi lalu (21/2).

Pada pagi hari itu, MRI Baturaja bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT), IRMA Al Muhajirin, Pemuda Hijrah Baturaja, dan Motivator Baturaja mewarnai peringatan HBI dengan melakukan aksi pembersihan sampah yang berserakan di Tamkot Baturaja.

Ditemui di sela-sela istirahat usai aksi pembersihan sampah, Agus Salim dari MRI dan ACT Baturaja didampingi Istiansyah, S.Pd dari Motivator Baturaja dan Zulaiman dari Baturaja Hijrah mengatakan kegiatan mereka pada hari Minggu itu bertepatan dengan Hari Bersih Indonesia (HBI) yang diperingati serentak seluruh Indonesia. Para relawan yang memperingati (HBI) melakukan peringatannya dengan melakukan aksi-aksi bersih-bersih di kota masing-masing.
“Hari ini kami gabungan dari MRI, ACT, IRMA Muhajirin, Pemuda Hijrah dan Motivator Baturaja langsung melakukan pembersihan di Tamkot ini. Koordinasi juga dengan DLH OKU, dimana mereka siap mengangkut sampah yang telah kami ambil. Kami juga sebetulnya ingin melakukan pembersihan di sungai Ogan, namun berhubung airnya sedang besar jadi diurungkan,” ujarnya.

Lanjut Agus, MRI dan ACT Baturaja selanjutnya akan melakukan aksi MRI Peduli Desa, aksi sosial dan penggalangan dana untuk bencana.

Agus berharap agar masyarakat Baturaja lebih sadar untuk membuang sampah pada tempatnya dan mau menjaga kebersihan lingkungannya.

Zulaiman dari Baturaja Hijrah menambahkan kegiatan mereka di Tamkot itu bertepatan juga dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada tanggal 21 Februari, dimana untuk mengenang juga terjadinya tragedi Longsor Sampah di Leuwigajah, Cimahi Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005 atau 15 tahun silam.
“Jadi kami dari MRI Baturaja mengajak komunitas OKU untuk ikut serta dalam aksi nyata bersama seperti melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan sampah di Taman Kota,” ujarnya.

Zulaiman berharap adanya kepedulian masyarakat Indonesia khususnya Kota Baturaja tidak membuang sampah sembarangan agar kota kita Bersih dari sampah.

Sebelum bubar mereka membuat video singkat mengajak masyarakat mengurangi jumlah sampah.

(Duan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya