oleh

KPD dan Dinpusda Sumsel Sepakat Jalin Kerjasama Bidang Kebudayaan

Kabar Mds, Palembang-Kesultanan Palembang Darussalam (KPD) dan Dinas Perpustakaan Daerah Sumatera Selatan (Dinpusda Sumsel) sepakat menjadi kerjasama bidang kebudayaan .
Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan Fitriana, S.Sos, M.Si dampingi sejumlah staf saat bersilaturahmi kepada Sultan Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam di Jalan Sultan M Mansyur , Palembang, Selasa (23/3).
Juga hadir Raden Zainal Abidin Rahman Dato’ Pangeran Puspo Kesumo, R.M.Rasyid Tohir,S.H, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Pangeran Suryo Febri Irwansyah, , Pangeran Kesumo Abdul Ghofar, Pangeran Mas’ud Khan, Pangeran Surya Kemas A. R. Panji, Beby Johan Saimima.


Menurut Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan Fitriana, S.Sos, M.Si mengatakan, tingginya suatu peradaban dan budaya suatu bangsa adalah tergantung kondisi perpustakaannya.
“ Karena itulah kami melihat Kesultanan Palembang Darussalam ini memiliki berbagai khazanah budaya terkait dengan berbagai macam naskah kuno, sejarah-sejarah tentang Kesultanan Palembang Darussalam, ini yang wajib kita perkenalkan kepada generasi muda kita sehingga pihaknya melakukan audiensi kepada Sultan untuk melakukan kerjasama kedepannya dalam rangka peningkatan pelestarian khazanah yang ada khususnya di Kesultanan Palembang Darussalam,” katanya.
Pihaknya berharap pertemuan hari ini segera akan ditindaklanjuti dengan kerjasama dan hal tersebut dibicarakan dengan SMB IV dan ada beberapa hal yang bisa dilakukan bersama-sama seperti webinar dan kerjasama-kerjasama yang intens yang akan dilakukan yang masih di rahasiakan.
Mengenai barang-barang peninggalan SMB II yang diperlihatkan SMB IV kepada dirinya, Fitriana mengaku ini adalah suatu berkah khususnya dirinya pribadi melihat secara langsung peninggalan sejarah Kesultanan palembang Darussalam yang masih ada di era sekarang .
“ Ini amazing menurut anak-anak muda sekarang, saya sangat takjub, ternyata benda pusakan itu memang masih ada dan melihat secara langsung,” katanya.
Sedangkan SMB IV mengakui Dinas Perpustakaan Daerah Sumatera Selatan sangat tertarik untuk mengembangkan perpustakaan dengan kearipan lokal yang ada sehingga mengunjungi Kesultanan Palembang Darussalam dimana pihaknya akan membantu dan memberikan sumbangsih supaya perpustakaan daerah Sumsel bisa lebih berkualitas dan lebih dipandang lebih baik di Indonesia ini.
Pihaknya juga akan membantu dari segi koleksi dan bagaimana mempromosikan kepada masyarakat yang ada.
“ Kita juga akan membentuk suatu kegiatan Insya Allah bermanfaat buat masyarakat khususnya generasi di bidang literasi dan perpustakaan ,” katanya.
Mengenai koleksi yang ditampilkan tadi, menurut SMB IV ada Al Quran tinta emas, cap Kesultanan Palembang Darussalam, Silsilah Kesultanan Palembang Darussalam, buku –buku kuno bertuliskan arab melayu yang umurnya ada yang 3 abad, ada yang 2 abad .(Ali Goik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya